Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Indonesia

T. M. Zakir Machmud Ph.D. (2012-2013)

T. M. Zakir Machmud adalah mantan Direktur Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Saat ini, ia adalah dosen aktif di Departemen Ekonomi, Universitas Indonesia, yang mengajar mata kuliah seperti Makroekonomi, Mikroekonomi, dan Ekonomi Industri.

Sebelum diangkat sebagai Direktur LPEM, ia telah menjadi peneliti di lembaga tersebut selama lebih dari 10 tahun. Selama masa itu, ia terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian di bidang seperti organisasi industri, perdagangan, kebijakan persaingan, dan sosial-ekonomi (misalnya, ekonomi kesehatan, pemulihan bencana, dll.).

Ia meraih gelar PhD dalam bidang ekonomi dari University of South Australia, Adelaide, Australia. Setelah kembali ke Indonesia, ia menjadi peneliti tamu di Population Studies and Training Center (PSTC) Brown University pada tahun 2008 dan anggota delegasi Indonesia untuk mempelajari UKM di Jerman pada tahun 2009. Ia juga merupakan anggota kelompok kerja kebijakan UKM dengan ERIA – Economic Research Institute for ASEAN and East Asia. Ia juga memberikan konsultasi kepada beberapa institusi seperti Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Indonesian Competition and Consumer Community (ICCC), dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Riwayat Jabatan Pekerjaan

Tidak ada data