Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Indonesia

Paradoks Ekonomi Global dalam Newsletter LPEM, Juni 2023

ekonomi global

Newsletter Vol. 03, No. 3 Juni 2023

Jakarta, LPEM FEB UI – Think tank dan organisasi setiap negara menyepakati urgensi reformasi lembaga keuangan internasional. Namun, di sisi
lain, reformasi berjalan dengan waktu dan agenda yang tidak jelas. Inilah paradoks yang dihadapi ekonomi global saat ini. Situasi yang sulit mengingat banyak elemen yang harus dibenahi, seperti stabilitas global yang meliputi arsitektur keuangan global, regulasi makroprudensial mikro, dan kesulitan utang. Hal ini tercermin dari kebutuhan Multinational Development Banks (MDBs) dan International Financial Institutions (IFIs) untuk mendorong pendanaan ke arah yang baik, terutama menuju keberlanjutan. Untuk itu, peran pembiayaan swasta sangat penting. Tapi optimalisasi uang publik harus dipacu untuk menarik uang pribadi sebagai instrumen yang memperdaya.

Mari mengetahui lebih lanjut hasil dari side event dari T20 India, Task Force 5 Side Event yang telah dilaksanakan di Westin, Nusa Dua, Bali, 8-9 Juni 2023, dengan tema “Building Bridges to Sustainable Finance: The Reform Agenda of International Financial Institutions”. Side event ini dihadiri oleh para ahli dari lembaga penelitian dan universitas terkemuka di seluruh dunia, perwakilan lembaga keuangan internasional, dan pembuat kebijakan terkait dari negara G20 serta dari negara berkembang lainnya. Diskusi Publik diketuai oleh Andrea Brugora (research fellow ISPI Geoeconomics Center), sesi tersebut menghadirkan tiga panelis yaitu Chatib Basri (Dosen Senior Universitas Indonesia), Ashima Goyal (Profesor Emeritus Ekonomi Indira Gandhi Institute for Development Research) , dan Matthew Agarwala (Ekonom Institut Kebijakan Publik, Universitas Cambridge). Terdapat kabar dan berita ekonomi global menarik lainnya  dalam newsletter LPEM FEB UI edisi kali ini.

Tentang Newsletter LPEM FEB UI

Selamat datang di LPEM Newsletter Edisi Juni 2023. LPEM Newsletter merupakan buah pemikiran dan rangkuman kegiatan tim LPEM FEB UI. Edisi ini merupakan keluaran ketiga dan senantiasa akan diterbitkan setiap bulannya. Sejak 1953, LPEM FEB UI secara aktif telah melakukan kegiatan penelitian, konsultasi, dan pelatihan yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah pembangunan di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan banyak berfokus ke berbagai isu terkait kelembagaan, ekonomi regional, perdagangan internasional, keuangan dan perbankan, ekonomi fiskal dan moneter, pertanian, industri, pariwisata, pembangunan pedesaan,  lingkungan, demografi, ketenagakerjaan, kemiskinan, dan UMKM.

Baca selengkapnya Newsletter Vol. 03, No. 3 Juln 2023

Download (PDF, 3.37MB)

Klik di sini untuk mengetahui newsletter edisi sebelumnya.

Publikasi Terbaru

Analysis of Korean’s ODA Projects in Indonesia: Development Demands, Projects Performance, and Satisfaction

Juli 2, 2024

Seri Analisa Makroekonomi: Rapat Dewan Gubernur BI, Juni 2024

Juni 21, 2024

Riset LPEM FEB UI: GoTo Berkontribusi Signifikan Dorong 5 Sektor Penting Penggerak PDB Indonesia Tahun 2023

Juni 5, 2024

Ribut Soal Tapera: Kebijakan “Harga Mati” untuk Turunkan Angka Kekurangan Perumahan Nasional? – Special Report, Juni 2024

Juni 4, 2024

Publikasi Terkait

Korea in Indonesia

Analysis of Korean’s ODA Projects in Indonesia: Development Demands, Projects Performance, and Satisfaction

inflasi juni turun

Seri Analisa Makroekonomi: Rapat Dewan Gubernur BI, Juni 2024

Riset LPEM FEB UI: GoTo Berkontribusi Signifikan Dorong 5 Sektor Penting Penggerak PDB Indonesia Tahun 2023