Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Indonesia

Search
Close this search box.

SEMINAR INTERNASIONAL – Sustainable Resilience Through Disaster and Climate Risk Financing in Indonesia

Kamis Januari 18th, 2024

Jakarta, LPEM  – LPEM FEB UI bersama OECD dan BNPB telah menyelenggarakan Pertemuan Ahli Regional Asia tentang Pembangunan, Bencana, dan Tantangan Iklim (Am-DC) edisi kedua yang bertajuk ‘Sustainable Resilience Through Disaster and Climate Risk Financing in Indonesia’. Seminar dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2024, di Auditorium Magister Manajemen, Gedung Prof. Wahjudi Prakarsa Lantai 3, UI Salemba, Acara ini mengundang para ahli dari lembaga penelitian, pemangku kebijakan, organisasi internasional, universitas, serta perwakilan dari sektor publik dan swasta di Indonesia.

Dengan mengacu pada kesuksesan pertemuan pertama pada bulan April 2023, Am-DC kali ini menjadi wadah penting untuk berdiskusi lebih dalam mengenai prioritas kebijakan, pendekatan analitis baru, dan tantangan data terkait mitigasi bencana. Fokus tahun ini adalah membangun ketangguhan berkelanjutan melalui pembiayaan risiko bencana dan iklim di Indonesia.

Pertemuan multidisiplin ini melibatkan peneliti, pembuat kebijakan, dan pelaku bisnis, menciptakan jembatan antara penelitian kebijakan dan implementasi. Melibatkan berbagai ilmu sosial seperti pembangunan internasional, kebijakan publik, ekonomi, keuangan, sosiologi, dan sejarah, acara ini membahas cara meningkatkan kesiapsiagaan, respons, dan upaya pemulihan dalam menghadapi bencana alam.

Resiliensi berkelanjutan menjadi fokus utama, dengan penekanan khusus pada langkah-langkah kebijakan pra-bencana, termasuk asuransi bencana dan obligasi bencana. Diskusi mencakup peran mekanisme asuransi dan strategi anggaran dalam memperkuat ketangguhan berkelanjutan.

Topik utama yang dibahas melibatkan praktik asuransi bencana dan iklim, penetapan premi asuransi bencana yang tepat, tantangan dalam aksesibilitas asuransi bencana, penggunaan obligasi bencana sebagai alat keuangan baru, dan mencapai ketangguhan berkelanjutan melalui pembiayaan. Seminar ini juga menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan, seperti Bappenas, IFG Progress, World Bank, IPB, dll.

Tentang Am-DC:

Pertemuan Ahli Regional Asia tentang Pembangunan, Bencana, dan Tantangan Iklim (Am-DC) berfungsi sebagai wadah kolaboratif dalam mengatasi isu-isu kompleks seputar mitigasi bencana. Pertemuan ini mendorong dialog antara para ahli, pembuat kebijakan, dan pelaku bisnis untuk mempromosikan ketangguhan berkelanjutan menghadapi tantangan yang terus berkembang.

Recent Post

Mengatasi Penurunan Tanah dan Krisis Air di Jakarta – Environmental Policy Update Volume 1 No. 3.

Kamis Mei 16th, 2024

Ilusi Pertumbuhan yang Stabil: Indonesia Economic Outlook Q2-2024

Selasa Mei 7th, 2024

Macroeconomic Analysis Series: Monthly Inflation, May 2024

Selasa Mei 7th, 2024

Tantangan Produktivitas Pekerja Indonesia (Labour Market Brief, April 2024)

Selasa April 30th, 2024

Related Post

Jumat Januari 19th, 2024

Seminar on Business Education Cooperation and Forum on Chinese Enterprises Investing in Asean

Senin April 12th, 2021

Rembuk Nasional: Implementasi Penggunaan Transfer Fiskal Berbasis Ekologi (EFT) di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kalimantan Utara

Kamis April 30th, 2020

Live Webinar: Pandemi Covid-19 dan Kebijakan Perpajakan Indonesia – Tinjauan Tax Policy and Research

Translate »