Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Indonesia

SEMINAR INTERNASIONAL – Sustainable Resilience Through Disaster and Climate Risk Financing in Indonesia

Januari 18, 2024

Jakarta, LPEM  – LPEM FEB UI bersama OECD dan BNPB telah menyelenggarakan Pertemuan Ahli Regional Asia tentang Pembangunan, Bencana, dan Tantangan Iklim (Am-DC) edisi kedua yang bertajuk ‘Sustainable Resilience Through Disaster and Climate Risk Financing in Indonesia’. Seminar dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2024, di Auditorium Magister Manajemen, Gedung Prof. Wahjudi Prakarsa Lantai 3, UI Salemba, Acara ini mengundang para ahli dari lembaga penelitian, pemangku kebijakan, organisasi internasional, universitas, serta perwakilan dari sektor publik dan swasta di Indonesia.

Dengan mengacu pada kesuksesan pertemuan pertama pada bulan April 2023, Am-DC kali ini menjadi wadah penting untuk berdiskusi lebih dalam mengenai prioritas kebijakan, pendekatan analitis baru, dan tantangan data terkait mitigasi bencana. Fokus tahun ini adalah membangun ketangguhan berkelanjutan melalui pembiayaan risiko bencana dan iklim di Indonesia.

Pertemuan multidisiplin ini melibatkan peneliti, pembuat kebijakan, dan pelaku bisnis, menciptakan jembatan antara penelitian kebijakan dan implementasi. Melibatkan berbagai ilmu sosial seperti pembangunan internasional, kebijakan publik, ekonomi, keuangan, sosiologi, dan sejarah, acara ini membahas cara meningkatkan kesiapsiagaan, respons, dan upaya pemulihan dalam menghadapi bencana alam.

Resiliensi berkelanjutan menjadi fokus utama, dengan penekanan khusus pada langkah-langkah kebijakan pra-bencana, termasuk asuransi bencana dan obligasi bencana. Diskusi mencakup peran mekanisme asuransi dan strategi anggaran dalam memperkuat ketangguhan berkelanjutan.

Topik utama yang dibahas melibatkan praktik asuransi bencana dan iklim, penetapan premi asuransi bencana yang tepat, tantangan dalam aksesibilitas asuransi bencana, penggunaan obligasi bencana sebagai alat keuangan baru, dan mencapai ketangguhan berkelanjutan melalui pembiayaan. Seminar ini juga menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan, seperti Bappenas, IFG Progress, World Bank, IPB, dll.

Tentang Am-DC:

Pertemuan Ahli Regional Asia tentang Pembangunan, Bencana, dan Tantangan Iklim (Am-DC) berfungsi sebagai wadah kolaboratif dalam mengatasi isu-isu kompleks seputar mitigasi bencana. Pertemuan ini mendorong dialog antara para ahli, pembuat kebijakan, dan pelaku bisnis untuk mempromosikan ketangguhan berkelanjutan menghadapi tantangan yang terus berkembang.

Publikasi Terbaru

Seri Analisa Makroekonomi: Rapat Dewan Gubernur BI, Juni 2024

Juni 21, 2024

Riset LPEM FEB UI: GoTo Berkontribusi Signifikan Dorong 5 Sektor Penting Penggerak PDB Indonesia Tahun 2023

Juni 5, 2024

Ribut Soal Tapera: Kebijakan “Harga Mati” untuk Turunkan Angka Kekurangan Perumahan Nasional? – Special Report, Juni 2024

Juni 4, 2024

Seri Analisa Makroekonomi: Inflasi Bulanan, Juni 2024

Juni 4, 2024

Publikasi Terkait

Seminar on Business Education Cooperation and Forum on Chinese Enterprises Investing in Asean

Rembuk Nasional: Implementasi Penggunaan Transfer Fiskal Berbasis Ekologi (EFT) di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kalimantan Utara

Live Webinar: Pandemi Covid-19 dan Kebijakan Perpajakan Indonesia – Tinjauan Tax Policy and Research