Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Indonesia

Reformasi Pajak UMKM, Bagaimana Pengaruhnya? Newsletter Juli 2023

pajak umkm

Newsletter Vol. 03, No. 3 Juli 2023

Jakarta, LPEM FEB UI – Penerapan ambang batas pajak dan respons UMKM menjadi bahasan studi dari Dr. Himawan Saputro. Salah satu temuan penting dalam studi ini adalah bagaimana penyederhanaan sistem pajak untuk UMKM tidak hanya terkait dengan tingkat pajak yang tinggi atau rendah, tetapi juga sejauh mana persyaratan pembukuan, pencatatan, dan administrasi pajak disederhanakan. Selanjutnya, Chaikal Nuryakin, Ph.D., menyampaikan hasil studinya mengenai perilaku perusahaan terhadap ambang batas PPN di Indonesia. Dari studi tersebut, didapati bahwa banyak UMKM yang melakukan under-reporting, demi menghindari mendaftarkan perusahaan mereka untuk terdaftar PPN.

Mari mengetahui lebih lanjut hasil dari agenda reformasi struktur pajak bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). LPEM FEB UI bekerjasama dengan Prospera mengadakan sesi bertajuk ‘Special Session on Indonesian SMEs Tax Reform’ sebagai bagian dari 18th IRSA International Conference 2023. Sesi tersebut dilaksanakan di IPB Convention Center, Bogor, dengan menghadirkan akademisi dari institusi ternama seperti Rusan Nasrudin, Ph.D (PROSPERA), Chaikal Nuryakin, Ph.D (LPEM FEB UI), Dr. Himawan Saputro (Kementrian Keuangan), Moh. Dian Revindo, Ph.d (LPEM FEB UI) dan juga Atika Amalia (Prospera) sebagai moderator. Terdapat kabar dan berita ekonomi menarik lainnya  dalam newsletter LPEM FEB UI edisi kali ini.

Tentang Newsletter LPEM FEB UI

Selamat datang di LPEM Newsletter Edisi Juli 2023. LPEM Newsletter merupakan buah pemikiran dan rangkuman kegiatan tim LPEM FEB UI. Edisi ini merupakan keluaran ketiga dan senantiasa akan diterbitkan setiap bulannya. Sejak 1953,  LPEM FEB UI secara aktif telah melakukan kegiatan penelitian, konsultasi, dan pelatihan yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah pembangunan di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan banyak berfokus ke berbagai isu terkait kelembagaan, ekonomi regional, perdagangan internasional, keuangan dan perbankan, ekonomi fiskal dan moneter, pertanian, industri, pariwisata, pembangunan pedesaan,  lingkungan, demografi, ketenagakerjaan, kemiskinan, dan UMKM.  Pada edisi kali ini, LPEM Newsletter akan membahas secara singkat mengenai keikutsertaan LPEM FEB UI pada acara Konferensi Indonesian Regional Science Association (IRSA) ke-18. Selain itu, edisi ini juga merangkum informasi mengenai kerja sama proyek riset antara Copenhagen Business School dengan LPEM FEB UI.

Baca selengkapnya Newsletter Vol. 03, No. 3 Juli 2023

Download (PDF, 1.94MB)

Klik di sini untuk mengetahui newsletter edisi sebelumnya.

Publikasi Terbaru

Inflasi Bulanan, Juli 2024 – Seri Analisa Makroekonomi

Juli 3, 2024

Analysis of Korean’s ODA Projects in Indonesia: Development Demands, Projects Performance, and Satisfaction

Juli 2, 2024

Kondisi Permintaan Tenaga Kerja Indonesia – Labor Market Brief, Juni 2024

Juni 30, 2024

Harga Biji Kopi Fluktuatif Usaha Roastery dan Coffee Shop Antisipatif – TRADE AND INDUSTRY BRIEF Juni, 2024

Juni 28, 2024

Publikasi Terkait

inflasi juli

Inflasi Bulanan, Juli 2024 – Seri Analisa Makroekonomi

Korea in Indonesia

Analysis of Korean’s ODA Projects in Indonesia: Development Demands, Projects Performance, and Satisfaction

tenaga kerja indonesia

Kondisi Permintaan Tenaga Kerja Indonesia – Labor Market Brief, Juni 2024